Kebutuhan Vs. Keinginan

Seringkali kita dihadapkan dengan pilihan, untuk memilih antara kebutuhan atau keinginan dan tidak jarang apa yang kita inginkan bukanlah apa yang kita butuhkan dan begitupun sebaliknya, dan terkadang ketika kita memilih salah satu maka yang lainnya akan dikorbankan.

Contoh sederhananya adalah fenomena yang dulu pernah terjadi di pagi hari zaman gue masih ngampus pagi, pernah suatu ketika gue marahan dengan tetangga kosan yang letak kamarnya persis ada di depan kamar kost gue. Sebut aja si Botol, karena kerjanya tiap hari ngeliatin botol yang dipake penelitian saat itu, seringkali gue juga ngedapetin dia ngobrol-ngobrol sendiri sama botol itu, antara emang efek terlalu lama homo jomblo atau bergaul sama gue, mungkin pula dua-duanya, cuma dia dan tuhannya yang tahu.

Anyway balik ke pertengkaran tadi sebetulnya permasalahannya sepele, waktu itu ospek jurusan gue lebih duluan kelar dan ospek jurusan dia masih berlanjut tanpa kepastian kapan kelarnya layaknya sinetron-sinetron yang ada di layar kaca (Maksudnya TV), dia ga terima ospek jurusan gue bisa lebih cepat(dan lebih jelas menurut gue) daripada ospeknya yang masih lama dan seringkali ada marah-marahan gajelas. Dari permasalahan ospek tadi kebawa-bawa sampe masalah ilmu yang kita pelajarin, kebawa-bawa sampe urusan daerah, untungnya engga kebawa-bawa sampe urusan rumah tangga (karena bukan organisasi) apalagi sampe urusan ranjang, karena emang ga seranjang dan ranjang aja gapunya yang ada cuma kasur dibungkus plastik yang awal-awal semester pertama gue pikir adalah bagian dari desain kasurnya, ternyata gue salah dan kalo dipikir-pikir plastik tadi berhasil memberikan “malam-malam gelisah” karena panas dan bikin keringetan dan bikin lengket, mungkin sebagian lemak gue meleleh kala itu (secara dulu pernah kurus), stay positive thinking aja. Oke. Skip.

So.. balik lagi ke pagi itu (buset, openingnya panjang banget), seperti layaknya pagi-pagi biasa maka sebagai anak kost yang tinggal di Indonesia bagian Jatinangor yang bersuhu tropis(dengan pelangi mengelilinya 🙂 ) akan timbul sebuah efek dalam pencernaan yang mungkin adalah sistem pertahanan tubuh yang alami (Apasih). Singkat kata gue mules. Banget. Dan sialnya, Si Botol sedang menikmati waktu “konsernya” di dalem kamar mandi, dan sekali lagi gue mengutuk karena mau termakan bujuk rayu cinta mamang calo yang nunjukin tempat kost ini ke gue, memang harganya oke dan deket sama kampus, tapi kalo di cek ke tempat lain ternyata banyak yang harganya ga beda-beda amat tapi lebih nyaman dan toilet didalem, tapi kalo dipikir-pikir kayanya gue gabakal sanggup untuk tinggal sekamar dengan bau kotoran gegara toiletnya di dalem kamar, mungkin kalo toiletnya di kamar si Botol, gue akan sukarela untuk make dan menodainya.

Sementara gue jalan-jalan dan lompat-lompat gajelas (bukan, bukan harlem shake) sambil menahan nafsu mules, si Botol tetap enjoy menikmati waktunya di toilet sembari menyanyi lagu seriosa yang nadanya naik turun mengikuti siraman rohani air. Gue hanya bisa mengutuk dalam hati dan saat itulah gue tersadar kalo ini adalah situasi dimana kita dihadapkan sama kebutuhan atau keinginan, gue butuh untuk melepaskan siksaan ini, tapi gue ingin jaim-jaiman sama si Botol, akhirnya dengan membulatkan tekad dan membulatkan dana acara niat gue pun memutuskan untuk pergi ke kampus saat itu juga, hanya untuk melepaskan cobaan ini, dan itu adalah pertama kalinya gue ngampus pagi banget, jam 5 shubuh, mungkin office boy di awal kerja pun engga akan sesemangat gue buat pergi ke kampus jam segitu, dengan ditemani sepasang sendal s*allow (gaya andy lau) dan jaket lusuh gue pun pergi terburu-buru ke kampus, sambil jalan ala-ala pinguin guna menahan dorongan nafsu di dalem perut.

-Mahasiswa yang masih suka ngelama-lamain kalo pas mandi digedor sama temen kostnya

2 thoughts on “Kebutuhan Vs. Keinginan

Leave a Reply

